√ 2 Cara Memperbaiki Cartridge yang Warnanya Tercampur dengan mudah

Mengatasi Cartridge yang Warnanya Tercampur - Dalam dunia kerja dan usaha dokumen dan berkas-berkas sangatlah penting sebagai penunjang/pendukung dan hal mutlak yang harus di gunakan dalam  kemajuan perusahaan. hingga dalam suatu waktu kita menemui masalah saat cara mengisi cartridge warna, yakni kendala salah mengisi tinta printer dengan cara disuntik, mungkin karena lupa atau terburu-buru karena mengejar target dari bos. 

sebagai contoh saat kita salah dalam mengisi tinta sesuai warnanya. misalnya: kita salah mengisi tinta warna yang dalam 1 catridge terdapat 3 warna sekaligus yakni merah,kuning dan biru. seharusnya tinta yang diisi adalah warna merah namun malah kuning. gimana son bingung kan?

nah apabila sudah terlanjur salah isi tinta, maka berikut ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki cartridge yang warnanya tercampur dalam hal ini saya menggunakan printer Canon ip2770 dengan cartridge warna PG-811, untuk printer merk lain asal cartridge-nya sejenis dengan cartridge 811, maka kemungkinan juga bisa.


izinkanlah saya admin gerbang-komputer memberikan sedikit pengalaman saya mengatasi dan memperbaiki masalah tinta yang tercampur khususnya dalam hal ini adalah pada printer milik saya yaitu Printer CANON MP237 series dengan model catridge HITAM=810 dan WARNA=811.

Ada 2 cara ya son yang saya coba berikut ini: 

Cara Pertama, siapkanlah alat-alat berikut ini:
  • Suntikan kosong (yang masih baru atau lama sama saja tapi bersih dari tinta).
  • Tissue bersih
Berikut ini langkah-langkahnya:

warna tinta printer tidak sesuai
cara memperbaiki salah isi tinta warna
  1. masukan suntikan yang sudah bersih dan kosong tadi lalu masukkan jarum nya ke dalam lubang tinta catridge yang tercam.pur
  2. lalu sedot tinta dari dalam cartridge yang warnanya tercampur sampai tinta tidak keluar (harap hati-hati agar tidak luber).
  3. letakan tissue bersih dibawah kuningan catridge tadi, Lalu bersihkan sisa tinta yang keluar hal ini agar tinta tidak kemana-mana
  4. lalu isilah kembali dengan warna yang sama pada lubang yang asli dengan cara sedikit demi sedikit.
  5. bersihkan dengan tissue, lalu Lakukan pengecekan dengan mencetak gambar melalui komputer namun bila warna cartridge masih tercampur maka ulangilah langkah no. 1 sampai 5.

Cara Kedua, siapkan alat -alat berikut ini : 
  • Obeng min dan pisau cutter (pemotong).
  • Tissue bersih

Berikut langkah-langkahnya:
  1. ambil catridge dari dalam printer lalu buka penutup cartridge dengan cara mencongkelnya dengan obeng atau cutter sehingga akan terlihat busa catridgenya.
  2. Ambilah busa tersebut dari dalam cartridge dan bersihkan busa dengan menggunakan air yang panas dengan cara berulang-ulang
  3. Setelah sekiranya semua sudah bersih maka keringkan busa catridge tersebut.
  4. Setelah busa kering masukan kembali busa pada tempat semula.
  5. Sebelum menutup catridgenya agar hasil maksimal maka isi dulu dengan tintanya masing-masing.setelah itu tutup catridge dan rekatkan kembali tutup dengan menggunakan lem pengeras (glue).
jika kamu bingung bisa dilihat pada video ini:


Perhatian: 
Dalam melakukan langkah-langkah 2 cara diatas, pada bagian chip cartridge yang berwarna kuningan (bagian depan cartridge) jangan sampai mengenai tangan apalagi terkena tinta.

Demikian pengalaman saya sendiri yang saya lakukan dengan masalah tinta warna printer yang tercampur. hal ini bisa digunakan pada printer merk lain dengan langkah-langkah diatas. terimakasih semoga bermanfaat.

Artikel Terkait