√ Cara Mengatasi TV Hidupnya Lama

Tags

Cara Memperbaiki Tv Hidupnya Lama - apakah anda mempunyai TV yang bermasalah seperti ini? berarti anda sudah berada di blog yang tepat, sebab blog ini membahas semua masalah yang berkaitan dengan elektronik telah dibahas atau dikupas tuntas  untuk menyelesaikannya.

Berhubung profesi sampingan saya sebagai seorang tukang service elektronik dimana saya bekerja sebagai kuproy (kuli proyek) yang penting kan halallan toyiban :D, saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman saya agar anda mendapatkan solusi dari segala problem TV anda saat ini, namun saya juga masih belajar sampai saat ini yah jadi saya bukan lah dewa....eh maaf master :D.

Dalam artikel yang berjudul cara mengatasi tv hidupnya lama ini, alhamdulillah telah berhasil saya lakukan pada pelanggan saya, dan akhirnya saya puas terhadap hasil servisan dan eksperimen saya.

Cara Mengatasi TV Hidupnya Lama
Baiklah mari kita lanjut dalam pembahasan tentang cara mengatasi tv hidupnya lama ini, yang anda lakukan sebelum memperbaiki dan mengatasinya ialah, persiapkan dahulu alat – alat untuk memperbaiki tv  seperti:
  1. obeng plus (+)
  2. obeng min (-), 
  3. tang
  4. sedotan timah
  5. solder
  6. multitester
  7. timah.

Fungsi Alat – alat
  • Obeng = yang pasti untuk membuka box belakang televisi dan baut yang biasannya menempel pada Transistor dengan pendingin / almunium.
  • Tang = tang ada beberapa jenis , ada tang potong, yang mana bagian sisi dalam tang tajam yaitu berfungsi untuk memotok kawat  kabel. Tang buaya, yang mana pada bagian kepala tang pajang seperti mulut buaya, yang berfungsi sebagai/untukmencabut atau memasang bagian -  bagian yang sulit, dan masih banyak lagi jenis jenis tang lainnya.
  • Sedotan timah = berfungsi untuk menyedot timah yang menempel pada papan PCB televisi, bagaian yang akan mau dilepas dan bagian yang rusak.
  • Solder = untuk mematri bagian yang kendor atau memesang suku cadang yang baru ke pcb televisi atau elektronik.
  • Multitester/Avometer = berfungsi untuk mengukur baik itu tegangan AC,DC dan mengukur nilai pada spare part pada televisi , baik itu Resistor, Transistor, Kapasitor dan lain–lain.

Cara Mengatasi Televisi Hidupnya Lama
nah setelah alat – alat  untuk memperbaiki telah terkumpul dan mengetahui fungsinya, anda lakukan selanjutnya adalah membuka cover belakang televisi, kemudian bila sudah terbuka lakukanlah dengan hati – hati jangan sampai terkena ujung tabungnya (ntar meledug lagi, kan brabe jadinya),karena bisa fatal  akibatnya bisa – bisa anda mengganti tabungnya Juga, wah bisa jadi tambah lagi pengeluarannya buat beli tabung :D.


cara memperbaiki sensor tv yang rusak

Kita lanjutkan kembali ,bila sudah terlihat penampakan mesin televisi namun keadaannya penuh dengan debu maka alangkah lebih baik anda bersihkan dahulu agar lebih nyaman saat memperbaiki televisi, kalau bisa gunakan kompresor agar lebih mudah membersihkannya. cusssssss...beres deh

baca juga: 2 Cara Memperbaiki Cartridge yang Warnanya Tercampur dengan mudah

Bila semua telah dibersihkan dan terlihat ok maka anda perhatikanlah kapasitor yang menempel pada pcb televisi yang ada pada bagian vertikal ataupun horisontal, biasanya suka terdapat yang melembung (itu artinya kudu diganti udah waktunya bos. udah waktunya di ganti).

Bagaimana Cara Mengetahui Kerusakan Pada Kapasitor?
Mengetahui kerusakan pada kapasitor yang sudah rusak dan mati adalah dengan melihat dengan seksama pada permukaan bagian atas yang mencuat/kelihatan atau bagian bawah kapasitor sudah kelihatan di kaki-kakinya, biasanya bertanda dengan mengeluarkan sesuatu seperti bekas cairan, atau untuk lebih akurat lagi dengan mengukurnya, anda bisa menggunakan multitester

Jika di ukur dan di pasang pada kapasitor tersebut min plus pada kaki-kaki kapasitor maka jarum pada multitester bergerak cepat dan kembali lagi ke nol. itu berarti kapasitor dalam keadaan baik (good) dan sebaliknya apabila jarum pada multitester bergerak lambat maka kapasitor sudah dalam keadaan tidak baik maka bertanda rusakkkk.

oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut diatas gantilah kapasitor baru yang sama nilai dan ukurannya yang tertera pada kapasitor lama. Kebanyakan TV biasanya menggunakan kapasitor dengan nilai 160 volt 47 uf dan 35 volt 1000 uf. Selamat mencoba semoga berhasil. 

baca juga: Mengatasi Mainboard DQS Training Failed on Previous Boot

giamna son sudah paham?? baiklah itu dia pengalaman saya yang mengalami tv yang hidupnya lama Semoga bermanfaat Suka Artikelnya silahkan di like dan di share Jangan lupa tinggalkan komentar ya..

Artikel Terkait

7 komentar

kalau tv dinyalakan tapi sering mati sekitar antara rentan waktu 5-10 menit itu kenapa ya gan?

Kalo tv led, gmn y gan?

yg di maksut di atas elco apa kapasitor..kok v atau uf

Namanya lupa itu tidak ingat betul apa betul