√ Mengatasi Mainboard DQS Training Failed on Previous Boot

Tags

Hai kawan gerbang komputer apa kabar kalian hari ini? well.. semoga sehat selalu yah. pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya yang Pernah menjumpai pesan kesalahan DQS training failed on previous boot, Revert to slower DRAM speed di mainboard BIOSTAR Seri MCP6P3.

kebetulan Moterboard biostar MCP6P3 AMD socket AM3 ini sudah lama di warnet saya kira-kira 4 tahun. spesifikasi mainboard tersebut yaitu menggunakan PROCESSOR AMD X2 250 Athlon II (3000Mhz,2x1024KiB) socket AM3 dan RAM Merk V-gen 4GB DDR3 seri PC-12800. 


biasanya sih anak-anak bocil yang main warnet nyalahin itu pc normal-normal aja, tapi pada hari itu sangat beda sekali pertama dinyalahkan saat tampilan awal boot muncul pesan kesalahan “DQS training failed on previous boot, Revert to slower DRAM speed” press del to continue. 

dqs training failed on previous boot reverted to slower dram speed
karena terdapat tulisan delete di layar maka Saya tekan tombol del, kemudian muncul pilihan untuk mengatur tanggal pada BIOS.  tanpa ambil pusing saya memilih untuk mereset BIOS yaitu “load default settings” dengan berharap bahwa dengan menyetting default BIOS akan menghilangkan pesan kesalahan tadi. 
Namun ternyata setelah di save & exit BIOS, komputer menjadi standby / hang (kondisi fan processor  berputar, monitor nyala namun tidak menampilkan gambar ), dan ini tidak terdengar suara beep pertanda boot sukses sama sekali. akhirnya dengan kondisi cemas-cemas dan mulai putus asa saya memutuskan untuk menanyakan hal ini kepada maha guru "MBAH GOOGLE" :D. 

Saya pun browsing kesana-kesini akhirnya saya mendapatkan informasi trik dengan cara berikut ini, yaitu:

  • Melepaskan kabel power, kemudian melepas batrei CMOS dan mereset CMOS, komputer boot –> mainboard tetap standby. (failed)
  • Memindah posisi RAM ke posisi slot yang kosong. (failed)
  • Melepaskan memory & processornya, mereset CMOS, pasang lagi memory & proc, boot –> hasilnya tetap standby. (failed)
  • Melepaskan memory & processor, reset CMOS, pasang kembali processor, boot –> beep berulang-ulang  menandakan memory tidak terpasang, matikan komputer, pasang memory lagi, boot –> tetap standby. (failed)
Upaya yang sukses saya lakukan dengan mainboard tersebut:
  • mereset CMOS, mengganti processor dengan speed yangg berbeda (saya ganti dengan seri AMD X2 260 Athlon II), boot –> muncul pesan kesalahan “DQS training failed…”
  • merset CMOS, kemudian pasang memory lain di slot ram yang kosong disebelahnya, boot –> masih setia muncul pesan kesalahan “DQS training failed…”
  • nah pada saat muncul pesan DQS training failed on previous boot, Revert to slower DRAM speed”, saya mengakses BIOS dengan meneekan “DEL” untuk masuk ke BIOS.
  • nah disini saya rubah beberapa setting pada BIOS mainboard BIOSTAR ini.
  • Pilihlah menu TAB Advanced –> CPU Configuration –> Microcode Update –> pilih Disabled
  • Pindah lagi dengan memilih menu TAB Boot –> Boot Setting Configuration –> pilih Ignore Memory Error Messages –> pastikan Enable
  • Pilihlah menu TAB Performance –> DRAM Timing Configuration –> Memory Clock Mode –> pilih Manual
  • –> Memclock Value –> DDR3-1333
  • Pilih DRAM Timing Mode –> Both (Slot RAM D0 & D1)
  • CAS Latency (CL) –> 9 Clk
  • TRCD  –> 9 Clk
  • TRP  –> 9 Clk
  • TRAS  –> 24 Clk
  • tRTP/TRC/tWR/TRRD/tWTR/tRFC0/tRFC1/tRFC2/tRFC3 –> Auto
  • lalu setelah semua dilakukan Save Changes & Exit
Alhamdulilah dengan melakukan hal tersebut diatas saat saya melakukan Boot ulang ternyata hasilnya sukses dan komputer bisa digunakan kembali.

Catatan sebagai pengingat:

pesan Error  “ DQS training failed on previous boot, Revert to slower DRAM speed ” umumnya terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah:

Overclocking 

tidak sempurnanya overclocking sehingga hal ini mengakibatkan ketidakstabilan sistem. pada mainboard tertentu dan tentunya hal ini berbeda terdapat tulisan “Turn Off” setting DQS Training pada BIOS.
kesesuaian RAM dengan merek tertentu yang digunakan pada Motherboard atau dengan jenis processor yang berbeda sebagai contoh pada RAM G-Skill ada yang tidak kompatibel dg proc AMD. Keterangan lengkap yang saya kutip dari websitenya yaitu seperti dibawah ini:

This is from g.skill tech support:

Dear customer
The memory you purchased, is not for AMD platform. It will not work on AMD system on DDR2 1066. FYI, we have other model F2-8500CL5D-4GBPK that works on AMD (only 2 modules) but every AMD motherboard has problem to run 4 modules on DDR2 1066.
Baiklah itulah tadi pengalaman saya tentang dqs training failed on previous boot reverted to slower dram speed yang pernah saya temukan pada mainboard BIOSTAR Seri MCP6P3 Semoga bermanfaat bagi ente gan yang ngalamin sama seperti ane diatas. ditunggu komentarnya gan! semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

4 komentar

Overlock itu ganti ram yg sesuai dg procesor

mantep.... makasih gan bantuan nya... moga alloh membalas segala kebaikan agan....

Gan tolong ane,mobo ane am3 jua biostars g bisa nginstal ulang,udah 3 kali ganti ganti windos tetap tidak bisa nginstal,itu kenapa ya gan?

Mobo ane biostars juga gan am3 tapi kenapa g bisa instal ulang,udah 3x tukar windos tetap tidak bisa gan,tolong gan pencerahan?