3 Kunci sukses membuka usaha warung makan di rumah

usaha warung makan di rumah - Usaha paling mudah yang bisa dilakukan siapapun dan memang banyak dipilih adalah usaha warung makan sederhana. Namun sadarkah kita bahwa membuka usaha warung itu sebenarnya ada kuncinya bila ingin sukses..? Untuk bisa membuka warung yang sukses tentu ada ramuannya atau rahasianya, berikut persiapan membuka rumah makan diantaranya adalah sebagai berikut. 

Menguasai daerah 

Perhatikanlah warung warung yang ramai dikunjungi banyak orang. Tentu ada sebab mengapa hal itu bisa terjadi. Paling banyak faktornya adalah dari lokasi yang memang mendukung. Untuk itu, sebelum Anda buka warung di suatu lokasi, pahamilah dulu karakternya. Perhatikan pula soal persaingan di sana, dan titik-titik mana yang belum terdapat warung dan layak untuk kita ambil peluangnya. 

Ahli dalam bidang kuliner 

Walau bagainapun, hal yang satu ini sangat penting untuk kita kuasai. Ahli di bidang kuliner jenis tertentu sangat penting sebagai modal dasar dalam membuka warung makan sederhana. Dimana modal dasar untuk usaha warung adalah keahlian kita dalam mengolah makanan. Pandai masak tak selalu jadi jaminan, harus pula paham akan selera lidah kebanyakan orang. 

Karena masakan yang kita buat sendiri, yang menurut kita enak, belum tentu menurut orang lain enak. Belajar memasak lewat buku dan internet saja kadang tak cukup, harus sering-sering mencari tahu kwalitas masakan yang dimasak lewat testimoni. Misal meminta anggota keluarga ntuk mencicipi makanan yang kita buat maupun mengomentari cara penyajian yang kita lakukan. 
persiapan membuka rumah makan

Tatalah kemampuan Anda memasak sebelum membuka usaha warung makan. Jangan sampai pelanggan kapok gara-gara masaakan yang terlalu asin atau masakan yang terasa hambar. Perhatikan juga cara menanak nasi, pastikan kebersihan saat mencuci besar serta jangan sampai kelebihan air atau kekurangan air saat memasak


Cara mengundang pelanggan 

Kadang pelanggan itu bisa datang karena beberapa alasan. Satu, lokasi yang memang paling dekat dengan sebuah rumah usaha, dua, banyak pejalan kaki yang lewat di depan warung, dan tiga, ada sesuatu yang menarik yang membuat orang ingin masuk ke warung makan sederhana kita. 

Yang ketiga inilah yang harus kita garap. Menarik itu bisa karena banyak hal, mungkin karena ada televisinya, ada musiknya, tempatnya bersih, pelayanannya ramah dan lain sebagainya. Namun jangan hanya diam saja menunggu bintang jatuh dari langit alias kita hanya duduk-duduk dan menunggu orang datang. 


Lakukan sesuatu, berpikirlah tentang ide-ide yang cemerlang. Misal kita buat brosur penawaran katering antar jemput. Bisa ke sekolah-sekolah, TK, tempat penitipan anak, kantor-kantor dan lain sebagainya.

demikianlah artikel tentang usaha warung makan di rumah, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait