Bagaimana usaha menjadi sukses dan berkembang? ini 7 "Rahasia" Penting Kunci Sukses

Tags

Peluang usaha saja tidak cukup untuk bisa sukses berwirausaha. peluang usaha sebagus apapun masih sangat kurang untuk bisa membawa kita menuju pintu kesuksesan. untuk bisa memanfaatkan peluang usaha yang telah kita dapat agar bisa kita realisasikan menuju kesuksesan nyata dan terwujud, kita juga harus mempunyai beberapa bekal yang lain agar kita tidak masuk kedalam daftar pengusaha yang pernah sukses,atau justru mejadi pengusaha yang nyaris sukses. 

dan beberapa yang kita butuhkan itu ada yang murah,ada yang mahal,atau ada juga yang tidak membutuhkan dana lebih alas gratis (duh senengnya baca ada kata gratis).apa saja yang harus kita perhatikan untuk bisa memanfaatkan peluang usaha bagus yang kita dapatkan?

• Pengetahuan mengenai dunia usaha itu
Kita wajib mempelajari dulu sampai kita benar benar kenal sama seluk beluk dunia usaha yang akan kita tekuni. Sebisa mungkin,walaupun bukan kita yang akan menjalankan kegiatan tertentu,kita juga harus tau cara dan proses kegiatan itu. Kenapa demikian? Agar kita tidak dibodohi sama karyawan kita yang akan kita pasrahi untuk melakukan kegiatan bisnis itu. 

rahasia menjadi orang sukses

Sebagai contoh,kita akan menyuruh orang/karyawan untuk membuat banner,maka kita wajib tau berapa harga pasaran standard di kota kita untuk membuat sebuah banner dengan ukuran dan design yg telah kita tentukan.Kita juga harus tau dimana tempat termurah yang bisa kita datangi untuk membuat banner itu dengan kualitas bagus.

• Fokus
Sebagai seorang pengusaha kita diwajibkan untuk selalu fokus fokus dan fokus. Jangan pernah sekali saja kita lengah. Apalagi kalau kita menekuni sebuah usaha yang mempunyai banyak pesaing. Kehilangan fokus 1 detik saja,pesaing kita bisa saja memanfaatkan kelengahan kita itu.

• Masih berhubungan dengan point pertama, lakukan apa yang kamu tau.
Jangan pernah kamu nekat melakukan hal yang belum kamu tau sama sekalli. Kalau kamu dihadapkan dengan situasi yang menuntut kamu melakukan sesuatu hal yang belum kamu tau,segeralah mencari orang yang menguasai bidang itu,kalau waktunya mencukupi,belajarlah dari dia,mintalah saran dari dia,dan kalau waktunya tidak mencukupi,carilah orang yang kamu percaya untuk melakukan hal itu,tentunya sambil terus kamu pantau perkembanganya.

• Think fast
Berfikrilah dengan secepat mungkin. Bukan berarti harus dalam waktu singkat dalam berfikir. Seperti apa kata Bob Sadino,orang “bodo” cenderung tidak berfikir (tidak terlalu lama berfikir sebelum mengambil keputusan). Dengan kata lain,manfaatkan waktu se efgektiv mungkin. 

Kalau kita berfikir terlalu lama,waktu kita akan habis hanya untuk berfikir. Kalau dalam waktu yang lumayan lama kita belum menemukan solusi,jawaban,dan sebagainya, tinggal dan carilah yang lain.

• Cermat,hemat, dan hebat
Pengusaha yang hebat adalah pengusaha yang mampu berfikir secara cermat,dan bisa mengatur pengeluaran sehemat mungkin. Hemat yang dimaksud sangat jauh berbeda dengan pelit. 

Sebagai contoh,kalau usaha yang kalian tekuni belum membutuhkan kantor,ga usah memaksa harus mempunyai kantor. Kalau dirasa belum membutuhkan karyawan,lakukan sendiri dulu,dan lain sebagainya.Pengusaha juga harus cermat dalam melakukan semua kegiatan bisnis.

• Always on top
Apapun keadaanya,bagaimanapun situasinya,sebesar apapun tekanan yang sedang kalian hadapi,jangan pernah merasa kalau kalian sedang berada dibawah tekanan (walaupun sebenarnya ada dalam sebuah tekanan yang luar biasa). Berfikirlah positiv dengan meyakini bahwa kalian mampu memecahkan masalah ini. Ingat,kegagalan adalah guru bisnis yang sangat handal,kalau kegagalan itu bisa kalian jadikan pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga.

Disiplin
Pastinya sudah tidak usah diterangkan lagi apa pentingnya sebuah kedisiplinan dalam menjalankan usaha. Kami yakin dari kecil kalian sudah kenal dengan apa itu kedisplinan dan apa gunanya.

Masih banyak yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha untuk mampu memanfaatkan peluang usaha yang menjanjikan menjadi sebuah hasil akhir yang memuaskan. Tidak kami publish karena akan menjadi sangat panjang dan membosankan untuk dibaca artikel ini kalau kami publish semuanya.

Artikel Terkait