4 Tips Jitu bagaimana memulai usaha dirumah agar tidak boncos

Tak semua rumah memiliki potensi untuk mendirikan sebuah usaha maupun untuk menjalankan sebuah bisnis. Meski begitu semua tergantung pada kreativitas serta kejelian kita dalam memanfaatkan peluang dan ruang yang ada. Namun akan beruntung bagi kita yang tinggal di kawasan perkotaan karena ada cukup banyak jenis bisnis serta usaha yang bisa dijalankan walau dari rumah sendiri.

Mungkin tak hanya di kawasan kota saja, namun di beberapa kawasan seperti desa-desa yang tengah tumbuh spirit ekonomi masyarakatnya, bisa kita bidik peluang bisnisnya meski menjalankannya dari tempat tinggal sendiri. 

Baik bagi kita yang tinggal di desa maupun di kota, adanya peluang bisnis sampingan di rumah tergantung pada seberapa besar minat kita terhadap peluang yang ada.


small business idea at home

Mungkin langkah awal untuk memilih jenis bisnis yang bisa di jalankan di rumah adalah menyesuaikan bidang yang kita miliki. Sebagai bisnis utama maupun bisnis sampingan di rumah, tentunya jenis bisnis yang dipilih haruslah sesuai dengan kemampuan dalam pengelolaan. 

Beberapa point penting di bawah ini sepertinya akan cukup membantu kita saat hendak memulai bisnis sampingan di rumah.

1.Lihat pasar sekitar 
Dalam menjalankan sebuah bisnis, apapun jenisnya pastilah akan memiliki rujukan yakni, siapa yang akan jadi konsumennya. Mungkin bisnis yang kita jalankan di rumah adalah bisnis MLM, bisnis agen pulsa, agen minuman dan lain sebagainya. 

Apapun jenis bisnisnya yang pasti haruslah bisa direspon oleh orang yang ada di sekitar kita sebagai calon konsumen. Namun sasaran pasar tentunya tak selalu orang sekitar, bisa juga membidik konsumen di luar.

2.Tentukan jenis usaha atau bisnis 
Berbagai peluang bisnis mungkin sedang bergairah di daerah Anda, namun rasanya tak akan mungkin bila memilih semua peluang yang ada. Segera tentukan pilihan dengan memilih jenis bisnis sampingan di rumah yang sekiranya kita mampu untuk menjalankannya. 

Mungkin saja misalnya bidang kita adalah IT dan bisnis jual beli laptop second sepertinya menjanjikan, maka kita pun bisa segera membidik peluang tersebut.

3.Jalankan dari tahap yang sederhana 
Bisnis rumahan biasanya tak membutuhkan modal yang terlalu besar, karena untuk bisnis sekelas rumahan tentunya tak membutuhkan sewa tempat serta memiliki ruang gerak yang tak sama dengan usaha semacam toko maupun outlet. 

Mulailah usaha dari tingkatan yang paling sederhana, misalnya kita hendak menjadi agen elpiji & air minum isi ulang, maka kita bisa mulai dari jumlah yang terbatas dulu atau disesuaikan dengan modal.

4.Buat perencanaan jangka panjang
Akan menjadi sangat penting prospek usaha yang sedang kita jalankan, maka buatlah perencanaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang secara tertulis agar kita lebih memiliki target dalam mencapai besarnya hasil yang diinginkan. Rencana bisa berupa, apakah mau dibesarkan atau hanya sebatas bisnis kecil-kecilan. 

Artikel Terkait