3 Prinsip Penting dalam Memulai Bisnis Online dari Nol

Melihat banyak orang yang sudah merasakan kenikmatan, kemudahan, serta berbagai keuntungan dalam menjalankan bisnis online, Anda pasti tertarik dan berfikir untuk mencoba menjalankan bisnis online juga bukan? 

Tapi seiring perjalanan waktu, upaya Anda untuk memulai bisnis online ternyata tidak semudah dan semulus yang dibayangkan sebelumnya. Hal ini dialami banyak pemula yang menjalankan bisnis online, bahkan tidak sedikit dari mereka yang telah mengorbankan waktu, tenaga, serta materi, tetapi tidak mendapatkan hasil sesuai sama sekali.

Melihat fenomena tersebut, saya ingin menginformasikan kepada para pembaca setia blog Gerbang-komputer.blogspot.com agar mengetahui 3 hal penting dalam memulai bisnis online agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai harapan. Silahkan camkan 3 hal penting ini sebelum Anda mulai terjun ke dunia bisnis online, agar pada prosesnya nanti Anda tidak melenceng terlalu jauh dari jalur yang seharusnya.

Adapun 3 hal penting dalam memulai bisnis online yang dimaksud adalah :

Hal #1 : Fokus
Perlu diketahui, bisnis online memiliki beragam jenis pilihan bisnis yang bisa dipilih! Ada yang menjadi seorang penjual produk online, penjual jasa online, menjadi seorang publisher, menjadi affiliate, menjadi pembuat tools dan plugin, webmaster, dan lain sebagainya.

Semua pilihan tersebut memiliki kapasitas keilmuan masing masing. Dan apabila semua ilmu tersebut diserap sekaligus akan menyebabkan overload informasi yang akan membuat Anda terombang ambing kesana kemari dalam menjalankan bisnis online.

Sebagai contoh, saat Anda membaca informasi tentang menjadi publisher Adsense dengan aneka kemudahan dan keuntungannya, Anda pun tertarik untuk menjalankan bisnis itu. Tapi selang 2 minggu Anda membaca informasi tentang bisnis dropship yang ternyata lebih mudah dan gampang lagi. Lalu Anda pun putar arah dan menjadi seorang dropshipper. 

Selang 2 minggu lagi Anda membaca informasi tentang bisnis lainnya, lalu tertarik dan putar haluan lagi. Begitu seterusnya, hingga setelah berbulan bulan Anda menjalankan bisnis online, tidak ada hasil yang didapat karena Anda tidak fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Jadi, hal penting pertama dalam memulai bisnis online adalah FOKUS! Silahkan pilih jenis bisnis yang ingin digarap, serap dan pelajari semua ilmu yang mendukung jenis bisnis yang dipilih, lalu jalani dan nikmati prosesnya hingga Anda mendapatkan hasil dari bisnis tersebut.
bisnis online resmi tanpa modal

Untuk memilih jenis bisnis yang tepat, silahkan sesuaikan dengan hasrat dan keterampilan dasar yang Anda miliki. Atau bisa juga dengan memperhatikan trend yang sedang ramai dan booming saat ini.

Hal #2 : Semua Butuh Proses
Saat melihat seorang tokoh pebisnis online yang memamerkan hasil dari bisnisnya! Saat mereka menjelaskan tentang mudah dan gampangnya dapat duit secara online! Jangan langsung berfikir bahwa mereka mendapatkannya secara instant dan cepat! Mereka bisa berhasil dan mendapatkan itu semua karena telah melalui proses panjang yang penuh dengan peluh dan keringat. Mereka telah berhasil karena rela berkorban waktu, tenaga dan materi untuk mencapainya.

Inilah yang banyak dilupakan oleh para pemula yang berniat memulai bisnis online! Mereka berfikir bahwa bisnis online adalah bisnis mudah yang bisa memberikan hasil secara instant hanya dengan klak klik mouse dan kutak ketik keyboard saja. Tapi, saat mulai menjalankan bisnisnya, ternyata semua tidak semudah yang dibayangkan sehingga pada akhirnya banyak yang menyerah di tengah jalan, dan tidak sedikit yang berfikir bahwa bisnis online hanyalah palsu belaka.

Jika Anda yakin dan percaya bahwa menjalankan bisnis online memerlukan proses, maka Anda akan menjalani setiap tahapan dan prosesnya dengan tetap memiliki keyakinan dan antusiasme yang tinggi hingga mencapai hasil yang diharapkan.

Hal #3 : Perlu Investasi
Ini adalah hal penting terakhir dalam memulai bisnis online, yaitu INVESTASI! Yang dimaksud disini adalah pengorbanan yang Anda lakukan saat menjalankan bisnis online, mulai dari investasi tenaga, investasi waktu, dan investasi biaya.
Untuk mendapatkan hasil dari bisnis online diperlukan waktu yang cukup panjang tergantung upaya dan kerja keras yang dilakukan. Jangan pernah berfikir bahwa waktu tersebut terbuang percuma, tetapi berfikirlah bahwa itu semua adalah investasi waktu yang Anda korbankan.

Untuk mendapatkan hasil dari bisnis online diperlukan tenaga untuk berupaya dan bekerja keras. Jangan pernah berfikir bahwa tenaga tersebut terbuang percuma, tetapi berfikirlah bahwa itu semua adalah investasi tenaga yang Anda kerjakan.

Untuk mendapatkan hasil dari bisnis online diperlukan biaya yang relatif banyak untuk domain, hosting, optimasi, konten, dan lain sebagainya. Jangan pernah berfikir bahwa biaya yang dikeluarkan tersebut terbuang percuma, tetapi berfikirlah bahwa itu semua adalah investasi biaya yang Anda keluarkan.
Semua investasi tersebut akan Anda rasakan hasilnya apabila Anda tetap fokus, antusias, dan berada pada jalur yang tepat untuk mencapai tujuan Anda.

Itulah 3 hal penting dalam memulai bisnis online yang harus Anda ketahui. Semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan sampai jumpa di pintu gerbang kesuksesan bisnis online.

Artikel Terkait