Tips Sukses Bisnis: 5 Kelebihan Bisnis Online Yang Harus Diketahui

Bagi Kamu yang pernah mendengar tentang bisnis online, apakah sudah mengetahui secara mendalam tentang seluk beluknya atau belum?? Dan apakah Kamu tahu bahwa bisnis online memiliki banyak kelebihan yang tidak akan didapatkan dari jenis bisnis lainnya? Jika belum, maka artikel tentang 5 kelebihan bisnis online yang harus diketahui ini wajib Kamu baca hingga tuntas, agar setelah mengetahuinya siapa tahu Kamu pun termotivasi dan tergerak untuk mencoba bisnis yang menjanjikan ini.

Oke, tanpa panjang lebar lagi… berikut adalah 5 kelebihan bisnis online yang harus diketahui. Selamat menyimak!

Kelebihan #1 : Bisa Dilakukan Dimana Saja Dan Kapan Saja
Asalkan ada akses internet dan perangkat yang memadai seperti smartphone atau komputer, maka Kamu bisa menggarap bisnis Kamu. Inilah kelebihan bisnis online yang pertama! Saat Kamu di kantor, saat di rumah, saat liburan, saat bercengkrama dengan keluarga, atau bahkan saat traveling keluar negeri, Kamu tetap bisa menjalankan dan memantau bisnis Kamu.

Kelebihan #2 : Tidak Ada Syarat Dan Ketentuan Khusus
Untuk menjadi pebisnis online, tidak diperlukan ijazah ataupun historis akademis pendidikan apapun. Jadi siapapun dengan latar belakang pendidikan dan jenjang usia berapapun bisa menjalankan bisnis ini karena tidak ada syarat dan ketentuan khusus.

usaha online pemula

Syarat yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini adalah memiliki passion dan antusias untuk mulai menjalankannya. Mengenai hasil yang didapatkan, tentu saja kembali kepada perjuangan dan usaha yang dilakukan.

Kelebihan #3 : Bisa Dimulai Dengan Modal Kecil
Kamu berniat memulai bisnis tetapi masih terkendala modal, maka pilihan yang paling tepat adalah mulai menjalankan bisnis online, karena salah satu kelebihannya yaitu bisa dimulai walaupun dengan modal kecil saja. Bagi yang memiliki sedikit modal, bisa mengawali karir onlinenya dengan membuat blog self hosting sendiri sesuai dengan jenis bisnis online yang akan digarap. 

Dan untuk Kamu yang hanya memiliki modal dengkul, bisa mulai menjalani karir bisnis online dengan membuat blog gratisan melalui blogspot maupun wordpress.Sebetulnya, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk memulai karir bisnis online tanpa modal. 

Kelebihan #4 : Bagaikan Memiliki Asisten Full Time
Kelebihan bisnis online selanjutnya adalah saat Kamu sudah memiliki toko online, website, atau blog, maka bisa diibaratkan Kamu sudah memiliki asisten atau pundi yang akan memberikan pemasukan untuk keuangan Kamu. Dan asyiknya lagi, asisten tersebut akan terus beroperasi selama 24 jam non-stop. Jadi, potensi pengunjung yang mencari produk atau jasa Kamu saat Kamu tidur pun masih berpotensi menjadi pembeli melalui media online tersebut.
Contoh :
Udin membuat toko online yang menjual “Obat herbal”. Pada jam 23.00, saat Udin sedang terlelap dalam mimpinya,  ada Asep yang sedang mencari solusi untuk penyakit diabetesnya. Asep pun melakukan searching dan bertemu dengan toko online Udin, kemudian mencari informasi tentang obat diabetes disana. Karena informasi dan penjelasan produk di toko onlie Udin cukup jelas, maka Asep pun tertarik untuk melakukan pemesanan. Asep pun lalu melakukan pemesanan sesuai dengan prosedur yang diinformasikan di toko online Udin.

Keesokan paginya, saat Udin bangun, dia melihat ada pesanan masuk di emailnya. Pesanan tersebut berasal dari Asep. Udin pun langsung memproses hingga selesailah proses transaksi jual beli online antara Udin dan Asep. 
Inilah hebatnya asset online, baik berupa toko online maupun blog! Asset tersebut akan beroperasi secara full time 24 jam non-stop sebagai perwakilan kita dalam menjual sesuatu via internet.

Kelebihan #5 : Bisa Menggarap Pasar Global
Kelebihan bisnis online selanjutnya adalah pelakunya bisa menggarap pasar mulai dari nasional hingga internasional. Selama produk atau jasa yang ditawarkan bisa menjangkau dunia, kenapa tidak menggarap pasar global saja! Khan itu bisa memberikan potensi penjualan yang semakin besar bukan?

Semua kelebihan bisnis online yang harus diketahui tersebutlah yang pada akhirnya mendorong banyak orang menjalankan bisnis ini, mulai dari pria maupun wanita, muda maupun tua, yang berada di desa maupun di kota, semua orang berhak dan berpotensi untuk merasakan kesuksesan dari bisnis online.

Demikian penjelasan singkat tentang 5 kelebihan bisnis online yang sebaiknya Kamu ketahui. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat untuk Kamu.
Selamat mencoba.

Artikel Terkait